DOSEN DAN MAHASISWA PS TEKNIK PERTANIAN DAN BIOSISTEM UNU PURWOKERTO GELAR SERANGKAIAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI DESA WINDUJAYA KECAMATAN KEDUNGBANTENG

Windujaya-Kedungbanteng, Kepedulian sosial ditunjukkan oleh Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto (PS TPB UNU PURWOKERTO) dengan mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Windujaya, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Tema yang diangkat diantaranya: Modernisasi Pangan Lokal oleh Hanis Adila Lestari, S.TP., M.Sc; Budidaya Tanaman Organik oleh Christian Soolany, S.TP.,M.Si; Pemanfaatan Kotoran Sapi sebagai Pupuk Organik oleh Amas Agung Prabowo, S.TP.,M.Sc; dan yang terakhir Pelatihan Pembuatan Mocaf oleh Slamet Sulistiadi, S.TP., M.Sc dan Triat Adi Yuwono S.Si., M.Si. Moderator kegiatan pengabdian kepada Masyarakat oleh mahasiswa PS TPB UNU Purwokerto M Nasihin Ngibad.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini rutin dilakukan oleh PS TPB UNU PURWOKERTO yang menjadi sarana civitas akademika untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat secara langsung ke masyarakat dan juga merupakan salah satu dari tridharma perguruan tinggi. Mahasiswa juga dapat terlibat untuk ikut serta ke dalam kegiatan. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya menyelesaikan masalah mengenai pertanian dan pangan di desa tersebut.

 

Windujaya merupakan salah satu dari beberapa desa yang berada di sekitar gunung slamet, mayoritas penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Pelaksanaan kegiatan dimulai dengan sambutan-sambutan, sambutan pertama oleh Koordinator Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem Dheni Atmiasih, S.TP., MP dalam sambutannya beliau mengungkapkan bahwa dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satu yang dilakukan seorang dosen adalah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. Secara umum kegiatan ini merupakan perwujudan nyata dari penelitian yang dilakukan Dosen tersebut diwaktu sebelumnya. Namun demikian kegiatan pengabdian dapat juga merupakan hasil kajian dari berbagai masalah yang terjadi dimasyarakat dan kemudian dosen mencoba menyelesaikan masalah tersebut. Mudah-mudahan pelaksanaan pengabdian masyarakat di Desa Windujaya  Kecamatan Kedungbanteng ini dapat menjadi penghubung antara masyarakat dan PS TPB UNU Purwokerto. Dengan adanya pengabdian ini, diharapkan akan memberitahu masyarakat bahwa salah satu tugas Dosen dan Mahasiswa adalah membantu masyarakat untuk menyelesaikan masalah yang ada. Pengabdian juga dapat memberikan ide, akan adanya penelitian untuk menyelesaikan masalah yang ada khususnya di Desa Windujaya. Dengan demikian siklus penelitian menjadi sebuah harmoni di masyarakat kita dan Perguruan Tinggi menjadi mercusuar bagi masyarakat di sekitarnya khususnya dan Bangsa Indonesia Umumnya.

Hadir juga Bapak Sunaryo Sekretaris Desa Windujaya, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa apresiasi yang setinggi-tingginya Saya berikan kepada PS Teknik Pertanian dan Biosistem UNU Purwokerto hadir di masyarakat desa Windujaya karena selain kegiatan Makrab Mahasiswa juga memberikan ilmu kepada masyarakat kami yang insyaa Allah dapat bermanfaat dikemudian hari dan besar harapan kami kegiatan ini terus berlanjut dan menghasilkan karya yang patut dibanggakan untuk desa windujaya. Saya ucapkan selamat dating di Desa Windujaya dan selamat berkarya untuk Negeri kepada PS Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem UNU Purwokerto. Dilanjutkan dengan menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya dan Subhanul Wathon oleh Dosen, Mahasiswa dan Masyarakat Desa Windujaya.(DA/SS)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *